Skip to main content

Featured

Dan ini adalah koleksi video tutorial Audacity Indonesia yang ada di Youtube.

Latihan Mengurangi Noise dengan Audacity

Mengurangi Noise dengan Audacity

Masih ingat tutorial mengurangi noise dengan Noise Reduction? Nah, sekarang saatnya kita latihan, sekaligus membuktikan seberapa hebat kemampuan Audacity dalam menangani noise yang mengganggu.

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Sebelumnya, perlu saya bilang bahwa ini bukan iklan. Google atau siapapun tidak membayar saya sepeserpun untuk artikel ini.

Beberapa hari yang lalu saya mengikuti salah satu event yang diadakan Google di kota kami. Saya berhasil menginterogasi salah satu panitia, sebagai perwakilan salah satu media. Secara teknis bisa saya katakan kalau kami wawancara langsung di tempat pelatihan. Sebuah ruangan yang cukup luas dan peserta pelatihan yang ramai terdengar jelas di dalam hasil rekaman. Dan seperti inilah file audionya.


Gimana, hehehe? Baik, mari kita ulek ulek file ini.

Mengurangi Noise dengan Audacity
File asli, belum di apa-apain.

Mengurangi Noise dengan Audacity
Ini dia yang saya maksudkan dengan ROOM TONE. Jadi selama kira-kira 6-7 detik saya nyalakan perekam tanpa melakukan apapun. Bagian ini yang akan kita gunakan untuk membangun Profil Noise. Caranya, seleksi Room Tone.

Mengurangi Noise dengan Audacity
Seperti biasa, Effect > Noise Reduction. Get Noise Profile.
Ini adalah cara kita memperkenalkan kepada Audacity bahwa, "Ini lho, noise nya. Suara seperti inilah yang harus kamu hilangkan/kurangi."

Mengurangi Noise dengan Audacity
Lakukan sekali lagi, Effect > Noise Reduction > OK.
Nah, sekarang noise nya berkurang drastis.

Mengurangi Noise dengan Audacity
Seleksi sisa rekaman, Effect > OK.

Mengurangi Noise dengan Audacity
Daaan, inilah hasil dari pengurangan noise secara otomatis berdasarkan profil yang kita buat di langkah pertama tadi.

Mengurangi Noise dengan Audacity


Bagaimana? Kamu puas dengan hasilnya? Sudah? Kalau saya sih,belum. Hehehe. Nah, kalau belum puas, setelah selesai pembuatan profil noise, sekali lagi, effect -> Noise Reduction. Utak-atik tiga slider yang ada di situ.

Noise Reduction: Ini mengontrol berapa besar noise di file audio mu akan dikurangi.
Sensitivity: Ini mengontrol seberapa sensitif Audacity akan mengurangi noise. Smakin tinggi angkanya, semakin materi inti mu terdistorsi.
Frequency Smoothing: Secara default, nilainya 3. Naikkan nilainya kalau kami sedang mengedit suara manusia (bukan instrumen musik)

Lakukan itu, sambil terus di preview, sampai kamu puas... as... as... as.

Hehehe, jadi gini ya, Seperti yang sudah saya utarakan sebelumnya, yang namanya noise, terutama noise tipe ini memang tidak bisa dihilangkan. Dikurangi, bisa. Dan menurut pengalaman beberapa tahun bekerja di dunia media radio, noise itu memang tidak perlu dihilangkan. Sekali lagi, dikurangi, iya. Tapi dihilangkan, nggak perlu.

Kadang kala, noise bisa menjadi setting. Sebagai latar belakang. Sebagai bukti kalau kita melakukan liputan atau wawancara yang natural. Bukan di dalam studio.


Jadi, gimana dengan latihan kita hari ini? Kamu suka? Atau kamu punya file audio yang pengin dikurangi noisenya? Tulis di komen yuk!

Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Comments

  1. As reported by Stanford Medical, It is really the one and ONLY reason this country's women get to live 10 years more and weigh an average of 19 KG less than us.

    (And by the way, it is not related to genetics or some hard exercise and EVERYTHING related to "HOW" they eat.)

    BTW, I said "HOW", and not "what"...

    Tap this link to see if this easy questionnaire can help you discover your real weight loss potential

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts