Skip to main content

Featured

Dan ini adalah koleksi video tutorial Audacity Indonesia yang ada di Youtube.

Cara Merekam Sambil Mendengar Suara Sendiri

 

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh.

Sudah terhitung 8 bulan sejak postingan saya yang terakhir di blog ini. Wuih lama yes. Hehehe, Alhamdulilah, beberapa waktu yang lalu, saya dapat satu pertanyaan. Udah saya jawab sih, tapi, karena ini pertanyaan pertama yang saya dapat di blog ini, rasanya kurang afdhol kalau nggak dibikin satu posting tersendiri.

Ini dia pertanyaannya:

Baik, Mbak Rifka Awwalia, makasih pertanyaannya ya. First thing first, saya nggak pernah menggunakan Smule (sebuah aplikasi yang terdengar seperti 'SULE', hehehe.) Tapi biar coba saya jelaskan dengan singkat, padat dan praktis.

Merekam dan mendengar suara secara bersamaan itu mudah sekali. Kita tinggal memerintahkan si komputer untuk 'mendegarkan' speaker, dan mengeluarkan suara yang Ia dengar via speaker. Bingung? Jangan dong.

Langkah pertama adalah, buka Control Panel. Paling mudah, buka di Start Menu, terus ketik 'Control Panel'.


Kalau Icon yang tertera bukan seperti ini, pastikan kamu memilih 'Large Icons' di pojok kanan atas. Kalau sudah, pilih 'Sound'.


Akan muncul jendela seperti ini. Tergantung alat yang kamu punya, di tab recording, akan ada beberapa device. Karena saya menggunakan laptop, 'Microphone' terdaftar sebagai alat perekam utama. Ini adalah mikrofon bawaan laptop, yang biasanya terletak di sebelah webcam. Klik kanan 'Microphone', pilih 'Properties'.


Di tab 'Listen', centang 'Listen to this device'. Kalau udah, klik Apply, terus OK. Oiya, di jendela 'Sound' juga di-OK ya.

Sekarang, kamu bisa mendengarkan semua yang 'terdengar' oleh mikrofon. Mulai dari suaramu, ketikan kibor mu, sampai (mungkin) suara kucing tetangga. Kenapa seperti ini? Karena, seperti yang saya jelaskan di atas, proses ini menyuruh komputer untuk mendengar dari mikrofon, dan mengeluarkan suara hasil pendengaran itu melalui speaker. Faham? Faham nggak? Hehehe, jangan bingung yes.


Buka Audacity, dan sekarang kamu bisa merekam sambil mendegarkan suaramu sendiri. Gimana, merdu nggak, suaramu? Hehehe. Untuk mengembalikan seperti semula, tinggal ulang langkah mudah di atas, dan hilangkan centang di jendela Microphone Properties.



Itu dia, tutorial singkat biar kamu bisa dengan suaramu sendiri pas ngerekam di komputer.

Kalau ada yang belum jelas, bisa kok, tanya di sini.

Audacity indonesia, Tutorial Audacity Berbahasa Indonesia dari A sampai Z.
Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Comments

  1. bosku... bisa gak ngerekam gitar trus ngerekam lagi untuk take vocal ditrack berbeda tapi suara gitar gak masuk.. kita bisa monitor suara gitar tapi suaranya gak masuk ke track vocal kita... bisa gak bos? terimakasih bosku

    ReplyDelete
  2. Cara meminmalkan jeda antara yg direkam dan yg keluar di speaker bagaimana ya. Speaker berfungsi sebagai kontrol. Krn jeda jadi malah mengganggu. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Kalau di hp tau caranya ngga ya min?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts